PETUNJUK TEKNIS PW PTAI Se-indonesia X 2011 DI AMBON

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ... Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda In...


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

... Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metodik Kepramukaan.
Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada para Pramuka Penegak dan Pandega untuk membina diri menjadi kader pimpinan, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan yang berorientasi pada Karya bakti Pramuka bagi masyarakat. Kondisi Bangsa Indonesia yang sedang membangun tentu akan memerlukan perhatian semua pihak. Gerakan Pramuka membaca, ditengah kondisi seperti saat ini, sudah selayaknya kita memberikan kontribusi dalam porsi tersendiri demi membangun masyarakat. Gerakan Pramuka sebagai learning organization harus berdiri di depan agar menjadi contoh positif bagi seluruh elemen bangsa agar lebih sensitif dalam menyikapi persoalan masyarakat.
Pramuka Perguruan Tinggi sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda memiliki sifat khusus yang berbeda dengan yang lain. Sifat khusus itu antara lain ditunjukan oleh predikat yang dimiliki anggota Gerakan Pramuka di perguruan tinggi yakni mahasiswa, yang nota bene merupakan cendikiawan muda. Tugas yang diemban oleh mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat membutuhkan corak dan bentuk pembinaan yang khusus pula. Karena itu, pembinaan Pramuka Perguruan Tinggi memerlukan pola dan strategi pembinaan yang berbeda dengan anggota pramuka lainnya seperti Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega territorial.
Sebagai salah satu bentuk pembinaan pramuka di perguruan tinggi sekaligus pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa serta pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan untuk mengembangkan catur bina (bina diri, bina satuan, bina masyarakat, dan bina agama) maka dipandang perlu untuk menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya yang merupakan salah satu kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Perguruan Tinggi dalam bentuk Perkemahan Bakti.
Perkemahan Wirakarya ( PW ) Perguruan Tinggi Agama Islam merupakan agenda dua tahunan bagi Gugusdepan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi khususnya yang bernaung di bawah payung Depertemen Agama. Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Depertemen Agama RI nomor : Dj.I/347/2010, Racana Al Mulk Pangkalan IAIN Ambon telah ditetapkan sebagai Panitia Penyelenggara PW X PTAI se Indonesia tahun 2011.

B. Dasar Penyelenggaraan
1. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
3. Keputusan Bersama Menteri Agama Republik Indonesia dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 04 Tahun 1990 dan Nomor 003 Tahun 1990 tentang Kerjasama antara Depertemen Agama RI dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 022 Tahun 1978 tentang Petunjuk Pelaksanaan Wirakarya Nasional
5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 080 Tahun 1988 tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega
6. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka
7. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 086 Tahun 1987 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Gugusdepan yang berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi
8. Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Depertemen Agama RI nomor : Dj.I/347/2010, tentang Penunjukan Racana Al Mulk Pangkalan IAIN Ambon sebagai Panitia Penyelenggara PW X PTAI se Indonesia tahun 2011.
9. Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri Ambon Nomor : 82 Tahun 2010 tentang Panitia Penyelenggara dan Pelaksana Perkemahan Wirakarya Nasional Gerakan Pramuka Perguruan Tinggi Agama Islam Se Indonesia Tahun 2011.
10. Program Kerja Gugusdepan Al-Mulk Tahun 2011.


C. Tujuan
Memperkokoh persaudaraan, kebersamaan, kepedulian dan keikhlasan berbakti Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega kepada masyarakat, bangsa Negara dan agama melalui kegiatan Pramuka Peduli, Karya Bakti, Kegotong-royongan dan persatuan dikalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberi kepada mereka kegiatan kreatif, rekreatif inovatif dan produktif yang mengarah pada peningkatan kemampuan untuk mandiri dalam kehidupannya sehingga dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan zaman.

D. Sasaran
1. Meningkatnya Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Menambah Pengetahuan, Pengalaman, dan Ketrampilan Kepramukaan
3. Meningkatkan sikap Patriotisme dan kepedulian terhadap sesama
4. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarkat
5. Sebagai strategi agar peserta dapat saling kenal mengenal, tukar menukar pendapat, mempertimbangkan gagasan serta pemecahan masalah untuk mendapatkan hasil yang efektif
6. Dapat mengetahui adat astiadat dan budaya setiap daerah
7. Memiliki ketrampilan, membina generasi muda yang tangguh dan mandiri
8. Membangun monumental sebagai kenangan indah oleh peserta dalam pelaksanaan PW X PTAI se Indonesia

E. Ruang Lingkup Petunjuk Pelaksanaan
Sistematika Petunjuk Pelaksanaan meliputi :
BAB I : Pendahuluan
BAB II : Penyelenggaraan
BAB III : Organisasi Penyelenggara
BAB IV : Kegiatan
BAB V : Perkemahan
BAB VI : Peserta
BAB VII : Admnistrasi
BAB VIII : Sarana Prasarana
BAB IX : Pengawasan, dan Evaluasi
BAB X : Penutup

BAB II
PENYELENGGARAAN

A. Nama Kegiatan
Perkemahan Wirakarya X Perguruan Tinggi Agama Islam se Indonesia Tahun 2011, selanjutnya disingkat PW X PTAI se Indonesia 2011.

B. Waktu Pelaksanaan
PW X PTAI se Indonesia 2011 diselenggarakan pada tanggal 20 – 30 Oktober 2011

C. Tempat
Bumi Perkemahan Pramuka Al-Mulk (Kampus Hijau IAIN Ambon)

D. Tema
“ REAKTUALISASI NILAI-NILAI SATYA DAN DHARMA BERKARYA NYATA MEMBANGUN BANGSA DAN NEGARA ”
E. Motto
“ Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”

F. TEKAD
“ Ikhlas Bakti, Bina Insani, Abdi Islami “

G. Rencana Anggaran
Anggaran PW X PTAI se Indonesia diperoleh secara gotong-royong dari :

1. DIPA Depertemen Agama RI Tahun 2011
2. Pemerintah Daerah Provinsi Maluku
3. DIPA IAIN Ambon Tahun 2011
4. Iuran Peserta
5. Sponsor dan usaha lain yang tidak bertentangan dengan UU dan AD/ART Gerakan Pramuka

H. Tahapan Penyelenggaraan
1. Tahap Persiapan
a. Pembentukkan kelompok kerja persiapan
b. Penyusunan pedoman umum
c. Penentuan lokasi PW X PTAI se Indonesia 2011
d. Publikasi
e. Penyusunan dan sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan PW X PTAI se Indonesia 2011
f. Pembentukan Panitia Penyelenggara
g. Pencairan Dana
h. Penyusunan dan sosialisasi Petunjuk Teknis PW X PTAI se Indonesia 2011
i. Pembentukan Panitia Pelaksana
j. Persiapan dukungan logistik
k. Penerimaan pendaftaran

2. Tahap Pelaksanaan
a. Daftar Ulang Peserta dan Penyerahan persyaratan administrasi
b. Persiapan dan Penataan pelaksanaan dan aparat perkemahan PW X PTAI se Indonesia 2011
c. Pengawasan dan Penelitian kegiatan

3. Tahap Evaluasi
a. Evaluasi pelaksanaan kegiatan
b. Penyususnan Laporan

BAB III
ORGANISASI PENYELENGGARA

Organisasi Penyelenggara PW X PTAI se Indonesia 2011 terdiri dari :

A. Kelompok Kerja
Kelompok kerja adalah wadah yang dibentuk untuk mempersiapkan secara konsepsional maupun teknis pelaksanaan PW X PTAI se Indonesia 2011, Kelompok kerja bertugas :
1. Menyusun Pedoman Umum
2. Menyusun Petunjuk Pelaksanaan
3. Menyusun Petunjuk Teknis
4. Menyusun Panitia Penyelenggara
5. Menyusun Panitia Pelaksana

B. Panitia Penyelenggara
1. Panitia Penyelenggara dibentuk untuk mendukung pelaksanaan PW X PTAI se Indonesia 2011
2. Keanggotaan, tugas, wewenang dan tanggungjawab Panitia Penyelenggara disesuaikan dengan tugas dan fungsi lembaga, badan dan instansi yang diwakilinya, serta diselaraskan dengan kebutuhan pelaksanaan kegiatan PW X PTAI se Indonesia 2011.

C. Panitia Pelaksana
1. Panitia Pelaksana dibentuk untuk melaksanakan PW X PTAI se Indonesia 2011
2. Personil Panita Pelaksana terdiri atas Dewan Kerja Daerah Maluku, Dewan Kerja Cabang Kota Ambon, Dewan Racana Al-Mulk dan Anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam jajaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku.








BAB IV
KEGIATAN

A. Latar Belakang
Secara keseluruhan kegiatan yang dikembangkan dalam PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 dititikberatkan kepada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat.
PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 juga dimaksudkan sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi-potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian serta mendedikasikan Bakti Nyata Pramuka T/D bagi Masyarakat yang merupakan pelaksanaan dan pengamalan Tri Satya yakni ikut serta membangun masyarakat sekaligus pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian kepada masyarakat.

B. Arah Kegiatan
Kegiatan Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011 mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka , melalui :
1. Pembinaan mental dan spiritual
2. Kesamaptaan jasmani
3. Wawasan kebangsan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Persaudaraan, Kerukunan, Kepedulian, dan Kreativitas
5. Peningkatan Ketrampilan
6. Aksi kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

C. Sifat Kegiatan
1. Edukatif
2. Produktif
3. Kreatif
4. Rekreatif
5. Inovatif

D. Metode Kegiatan
1. Aksi
2. Ceramah
3. Diskusi
4. Demonstrasi
5. Simulasi
6. Seminar dan lokakarya
7. Prestasi

E. Startegi Kegiatan
1. Aktivitas di dalam Perkemahan = 40 %
2. Aktivitas di luar Perkemahan = 60 %


F. Jenis Kegiatan
1. Kegiatan Umum
a. Kegiatan Keagamaan
b. Upacara dan Apel
c. Olah Raga

2. Pengembangan Wawasan
a. Pengetahuan Web Desain
b. Pengetahuan Jurnalistik
c. Pengetahuan Protokoler
d. Pengetahuan Pengelolaan Lingkungan Hidup
e. Pengetahuan Fotografi
f. Pengetahuan Perbankan syari’ah
g. Pengetahuan Sastra dan Adat Budaya Maluku
h. Pengetahuan Wirausaha
i. Pengetahuan Kesakaan
j. Pengetahuan Tagana
k. Pengetahuan Sar Laut
l. Pengetahuan HIV/AIDS
m. Pengetahuan Narkoba
n. Jumpa UKM IAIN Ambon
o. Demostrasi aksi kekerasan
p. Pelatihan Ketrampilan Penyemaian tanaman pala dan cengkih
q. Pelatihan Ketrampilan bibit salak dan gandaria
r. Pelatihan Pembuatan minyak kayu putih
s. Pelatihan pembuatan makanan dari rumput laut
t. Pelatihan pembuatan sagu gula
u. Pelatihan dan pengembangan usaha
v. Pelatihan keterampilan usaha produktif hiasan dari kerang mutiara

3. Kegiatan Bakti
a. Bakti Fisik
1) Bersih sarana umum bersma TNI/POLRI
2) Perbaikan sarana ibadah
3) Pembersihan Pantai
4) Penghijauan / penanaman hutan lindung
5) Pembuatan Bak Sampah

b. Bakti Non Fisik
1) Kunjungan ke Pantai Asuhan
2) Kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ)
3) Kunjungan ke Pondok Pesantren
4) Penyuluhan Kesehatan
5) Khitanan Masal
6) Pengobatan Gratis dan Donor Darah
7) Pelatihan Perawatan Jenazah
8) Deklarasi Anti Kekarasan

4. Kegiatan Wisata
a. Wisata Bahari
b. Wisata Pendidikan
c. Wisata sejarah dan budaya
d. Wisata Kerajinan

5. Kegiatan Persaudaraan dan Seni Budaya
a. Permainan Tradisional
b. Pentas Seni dan budaya daerah
c. Pemutaran Film
d. Api Unggun
e. Malam Bhineka Tunggal Ika
f. Karnaval
g. Demo Masakan Tradisional
h. Anjangsana
i. Jumpa Tokoh dan dialog budaya
j. Kunjungan Centra Kerajinan
k. Malam seputar Maluku

6. Kegiatan Khusus (Ketua Dewan Racana, Binadamping dan Pinkon)
a. Open House Gubernur Maluku
b. Open House DPRD Maluku
c. Open House Kanwil Departemen Agama
d. Open House Walikota Ambon
e. Open House Kapolda Maluku
f. Open House Pangdam XVI Pattimura
g. Open House Rektor IAIN Ambon
h. Seminar Nasional
i. Workshop Pela Gandong
j. Jumpa Civitas Akademika

7. Kegiatan Prestasi
Pangkalan SMA / MA se Provinsi Maluku
a. Lomba Cerdas Tangkas Pramuka ( LCTP )
b. Lomba Teknologi Tepat Guna ( LTTG )
c. Permainan Tradisional
d. Senam Pramuka
e. Futsal ( Peserta Putera )
f. Volly Ball ( Peserta Puteri )
g. Aka Pela

Pangkalan Racana Perguruan Tinggi se Indonesia
a. Lomba Karya Tulis Ilmiah
b. Hafalan Al-Qur’an 5 Juz
c. Kaligrafi
d. Qasidah
e. MTQ
f. Pidato dalam tiga bahasa ( Arab, Inggris, Indonesia )
g. Wolk Claimbing

G. Pelaksanaan Kegiatan
Pada umumnya, kegiatan selama Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011 diselenggarakan dengan pola pergerakan yang didasarkan pada jumlah peserta, jumlah kegiatan dan waktu pelaksanaan kegiatan. Pola pergerakan yang digunkanan dijabarkan dalam bentuk rumus pergerakan peserta yang akan dijabarkan dalam Petunjuk Teknis.
Masing-masing peserta akan mendapatkan jenis kegiatan yang berbeda setiap harinya. Dalam penjatahan kegiatan, masing-masing peserta akan mendapatkan :
1. Satu jenis kegiatan bakti fisik
2. Satu jenis kegiatan bakti non fisik
3. Satu jenis kegiatan wisata
4. Satu jenis kegiatan korve/piket
5. Giat umum, seni budaya, giat khusus dan kegiatan lainnya.

Seorang anggota sangga akan mendapatkan paket kegiatan sesuai dengan urutannya dalam sangganya, dan tidak dibolehkan berubah selama pelaksanaan kegiatan.

H. Tanda Ikut Serta Kerja Bakti / Gotong Royong ( TIGOR )
1. Tigor adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Peserta PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011
2. Bentuk, pemakaian dan tata cara memperoleh Tigor diatur dalam Petunjuk Teknis
3. Tigor akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti sekurang-kurangnya 80% kegiatan.
4. Bentuk dan Ukuran Tigor : Ukuran Persegi 2x3 CM

BAB V
PERKEMAHAN

A. Kehidupan Perkemahan
Tatanan pemerintahan sebagai landasan kehidupan peserta Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011, diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis selama pelaksanaan kegiatan. Tata kehidupan perkemahan dituangkan dalam satu sistem pemerintahan seperti layaknya kehidupan masyarakat di Ambon.

Warga Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011 diibaratkan penduduk sebagai UPU LATU yang seluruh pola kehidupanya disesuaikan dengan aspirasi warganya. dikelola oleh RAJA perkemahan dibantu oleh para aparat pemerintahan mulai tingkat LATUPATI hingga ke tingkat SOA dan selalu berkoordinasi dengan Panitia pelaksana

B. Areal Perkemahan
Warga Perkemahan Wirakarya PTAI se Indonesia Tahun 2011, menempati areal perkemahan yang sudah ditentukan oleh Panitia.

Dalam rangka menunjang aktivitas pelaksanaan tugas-tugasnya selama kegiatan berlangsung, Pinkonda dan Bindamping bertempat tinggal di tempat Khusus yang telah disediakan Panitia

C. Pemukiman Peserta
1. UPULATU (kabupaten)
a. Upulatu dipimpin oleh seorang Raja Perkemahan
b. Warga perkemahan bermukim dalam 1 (satu) wilayah UPULATU yang dinamakan “Siwalima”
c. UPULATU dibagi menjadi 2 (dua) wilayah LATUPATI yaitu Latupati Putra :
“ Patasiwa” dan Latupati Putri : “Patalima”

2. LATUPATI (kecamatan)
a. Latupati dipimpin oleh seorang Kapitan, dibantu oleh seorang Sekretaris Latupati dan seorang Staf Latupati
b. Masing-masing Latupati membawahi 3 (tiga) Saniri

3. SANIRI (kelurahan)
a. Saniri di pimpin oleh seorang Kewang, dibantu oleh seorang sekretaris kewang dan beberapa staf.
b. Latupati Patasiwa dibagai menjadi 2 (dua) Saniri, Yaitu :
Saniri 1 : Saniri Telukabessy
Saniri 2 : Saniri Said Parintah
c. Latupati Patalima dibagi menjadi 2 (dua) Saniri, yaitu :
Saniri 1 : Martha Christina
Saniri 2 : Martha Alfons
d. Masing-masing Saniri membawahi 2 (dua) Soa

4. SOA (RW)
a. Soa dipimpin oleh seorang Kepala Soa, dan dibantu oleh seorang staf Soa.
b. Masing-masing soa membawahi 2 (dua) Dusun

5. DUSUN (RT)
a. Dusun dipimpin oleh seorang yang dipilih diantara masing-masing pimpinan umpi yang berada pada dusun tersebut
b. Masing-masing Dusun membawahi 5-6 Umpi

6. UMPI
a. Umpi dipimpin oleh seorang Ketua Sangga / Reka
b. Umpi adalah satuan terkecil peserta PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 yang terdiri dari 8 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang merupakan utusan dari setiap daerah

D. Tata Adat
1. Umum
a. Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011 adalah pertemuan besar dua tahunan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega PTAI se Indonesia yang norma-norma pelaksanaannya dikembangkan atas dasar Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
b. Berdasarkan latar belakang budaya yang berbeda, maka dibuatlah norma-norma yang akan menjiwai tata aturan kehidupan keseharian dan aturan yang diperlukan dalam penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia

2. Dewan adat
a. Dewan Adat memiliki tugas dan wewenang untuk memutuskan sangsi atas berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh warga perkemahan selama mengikuti Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011
b. Dewan Adat dipimpin oleh seorang Pemangku Adat Tinggi dijabat oleh Ketua Dewan Racana Al-Mulk
c. Dewan Adat Agung dipimpin oleh Ketua Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka
d. Dewan Adat beranggotakan para pemangku adat yang berasal dari Pengurus Racana Al-Mulk dan Dewan Racana PTAI se Indonesia yang bertugas sebagai Waslitev



BAB VI
PESERTA

A. Umum
Peserta Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011 terdiri dari :
1. Anggota Racana PTAI se Indonesia
2. Anggota Racana Perguruan Tinggi se Maluku
3. Anggota Penegak Madrasah Aliyah se Maluku
4. Pembina Pendamping Pramuka Pandega PTAI se-Indonesia yang aktf di gugusdepan
5. Pembina Kontingen yang ditugaskan oleh ketuaMajelis Pembimbing Gugus Depan
6. Pembina Pendamping Madrasah Aliyah se Maluku
7. Pembina Pendamping Racana Perguruan Tinggi se Maluku
8. Utusan Anggota Penegak dan Pandega Kawrcab se-Maluku
9. Pembina pendamping Pramuka Kwarcab se Maluku
10. Peserta peninjau
11. Tim Waslitev yang ditugaskan untuk mengawasi mengkoodinir mengevaluai kegiatan PW
12. Panitia Penyelenggara/Pelaksana lokal dan pusat

B. Peserta
1. Peserta
Peserta PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011, terdiri atas :
a. Peserta
Setiap Racana berhak mengirimkan 16 orang yang terdiri dari 8 ( delapan ) orang putera dan 8 ( delapan ) orang puteri.
b. Ketua Dewan Racana Putera dan Ketua Dewan Racana Puteri

2. Persyaratan Peserta
a. Umum
6) Aktif di gugusdepannya
7) Memiliki syarat kecakapan umum minimal Penegak atau Pandega
8) Berusia 16-25 Tahun
9) Mempunyai semangat dan berdisiplin tinggi
10) Sehat jasmani dan rohani
11) Sanggup menjaga keterttiban, keamanan, persatuan, dan kesatuan bangsa
12) Sanggup mematuhi Tata Tertib / Adat PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011

b. Khusus
1) Setiap PTAI diwajibkan membawa bibit tanaman khas daerah masing-masing
2) Setiap PTAI membawa Pakian bekas layak pakai yang akan disumbangkan kepada Panti Asuhan / Pondok Pesantren yang dikunjungi.

c. Administrasi
1) Membawa Surat Rekomendasi dari Ketua Kwartir Cabang setempat
2) Membawa Surat Tugas dari Rektor / Ketua PTAI masing-masing
3) Membawa KTA
4) Membawa kartu asuransi kecelakaan diri
5) Membawa surat keterangan sehat dari dokter
6) Menyerahkan pas photo 3x4 cm sebanyak 2 lembar (berwarna dan berpakaian pramuka lengkap)
7) Mengisi formulir pendaftaran
8) Membayar Camp fee sebesar Rp 350.000,-/orang dengan fasilitas :
a) ID Card
b) Administrasi + Piagam Peghargaan
c) Topi dan Kaos Kegiatan
d) Wisata Pendidikan
e) Wisata Religius
f) Wisata Alam

d. Perkemahan
1) Membawa perlengkapan perkemahan ( tenda, tali, stok, tikar, dll ), panitia tidak menyediakan pinjaman/sewaan tenda.
2) Membawa perlengkapan kegiatan lapangan ( kantong tidur, matras, pakaian tahan dingin, jas hujan, dll )
3) Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan dan Perlengkapan P3K
4) Membawa perlengkapan kesenian daerah yang akan ditampilkan pada pentas budaya
5) Membawa perlengkapan bakti (cangkul, sekop, golok, sabit, linggis, sapu lidi, martil, gergaji )
6) Membawa perlengkapan memasak
7) Membawa perlengkapan pribadi
8) Peserta diwajibkan membawa radio FM
9) Menyiapkan Gapura/Gerbang pintu masuk tenda masing-masing
10) Membawa bendera Cikal dan Boyscout dan bendera Perguruan Tinggi masing-masing

C. Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda)
1. Pimpinan Kontingen adalah Orang Dewasa yang ditugaskan oleh Rektor / Ketua Perguruan Tinggi masing-masing selaku Ketua Mabigus.
2. Persyaratan Pinkonda
a. Pembantu Rektor III / Pembantu Ketua III
b. Membawa Mandat dariRektor / Ketua Perguruan Tinggi selaku Ketua Mabigus
c. Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar ( berwarna dan berpakaian pramuka lengkap )
d. Membawa kartu asuransi kecelakaan diri
e. Membawa surat keterangan sehat dari dokter
f. Membayar biaya camp fee sebesar Rp. 975.000,-/orang dengan fasilitas :
1) Administrasi + Piagam Penghargaan
2) Id Card
3) Topi dan Kaos Bakti
4) Wisata Pendidikan
5) Wisata Religius
6) Wisata Alam
7) Wisata Bahari
8) Konsumsi dan Akomodasi selama kegiatan
g. Membawa perlengkapan pribadi lainnya yang diperlukan

D. Pembina Pendamping (Bindamping)
1. Komposisi dan Jumlah
Pembina Pendamping peserta terdiri atas :
a. 1 orang Pembina pendamping putera
b. 1 orang Pembina pendamping puteri

2. Persyaratan Pembina Pendamping
a. Pembina Gudep Putera dan Puteri
b. Membawa Kartu Asuransi Kecelakaan Diri
c. Membawa surat keterangan sehat dari dokter
d. Menyerakan Surat Mandat dari Kamabigus
e. Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar ( berwarna dan berpakian pramuka lengkap )
f. Membayar biaya camp fee sebesar Rp. 775.000,-/orang, dengan fasilitas :
1) Id Card + Piagam Penghargaan
2) Topi dan Kaos Bhakti
3) Wisata Pendidikan
4) Wisata Religius
5) Wisata Alam
6) Wisata Bahari
7) Konsumsi dan Akomodasi selama kegiatan
g. Membawa perlengkapan pribadi lainnya yang diperlukan.

E. Perkiraan Jumlah Warga Perkemahan

No Utusan Jumlah Peserta Total
Putera Puteri
1 6 UIN se Indonesia 48 48 96
2 40 IAIN/STAIN se Indonesia 320 320 640
3 10 PTAI se Indonesia 80 80 160
4 8 Universitas di Maluku 64 64 128
5 8 MAN se Prov. Maluku 64 64 128
6 11 Kwarcab se Maluku 88 88 176
7 Pembina Pendamping 83 83 166
8 Pimpinan Kontingen - - 83
9 Panitia dan Sangga Kerja - - 300
JUMLAH 1877

Jumlah keseluruhan warga perkemahan : 1.877 Orang
BAB VII
ADMINISTRASI

A. Umum
Penyelenggaraan administrasi dalam Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011, secara umum meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi/pelaporan. Kegiatan administrasi ini berkaitan dengan pendaftaran, penyelesaian administrasi peserta, pinkonda dan bindamping, penyedia kebutuhan administrasi bagi semua unsur yang terlibat.

B. Sistem Pelayanan Administrasi
1. Pelayanan Administrasi
Pelayanan administrasi ditujukan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indoesia Tahun 2011, dibidang administrasi, meliputi :
a. Peserta, Pinkonda dan Bindamping
b. Panitia Penyelenggara, dan Panitia Pelaksana.

2. Kodefikasi Administrasi
Kodefikasi administrasi ini disusun berdasarkan pengelompokan semua unsur yang terlibat dalam kegiatan PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 yang meliputi :
Kode A1 Biodata Peserta
Kode A2 Biodata Ketua Dewan Racana untuk Panitia Penyelenggara
Kode A3 Binadamping
Kode A4 Pimpinan Kontingen
Kode B1 Kesedian Perguruan Tinggi / Gugusdepan
Kode B2 Daftar Nama Kontingen, Peserta, Bindamping, dan Pinkon
Kode P Panitia Penyelenggara
Kode S Sangga Kerja
Kode C1 Konsultan
3. Tanda-tanda Pengenal
Tanda Pengenal akan diatur dalam Petunjuk Teknis PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011

C. Mekanisme Pendaftaran
1. Umum
a. Pendaftaran Tahap Pertama dapat dilakukan sejak diterimanya Edaran dan Petunjuk Pelaksanaan (JUKLAK) PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 dan pendaftaran tahap pertama diterima Panitia Penyelenggara paling lambat tanggal i5 Juli 2011

Pada pendaftaran tahap pertama, masing-masing kontingen / gugusdepan mengirimkan :
Formulir B1 tentang Kesediaan mengikuti kegiatan PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011. Formulir tersebut dikirik/diserahkan kepada Panitia Pelaksana PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 dengan alamat : Kampus IAIN Ambon Jalan DR. H. Tarmizi Taher Kebun Cengkeh Batu Merah Atas. Telp (0911) 344816 / Fax : (0911) 344315


b. Pendaftaran tahap kedua
Pada tahap kedua gugusdepan mengirim penyelesaian administrasi pendaftaran/keuangan peserta dengan mentransfer pendaftaran Kontingen kepada Panitia PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 melalui :
Rekening Panitia Kegiatan PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011
Nomor Rekening……………..???
A.n ……………………
Pendaftaran tahap kedua paling lambat 15 September 2011

c. Pendaftaran tahap ketiga, dilaksanakan pada saat peserta tiba di Bumi Perkemahan Al-Mulk Kampus IAIN Ambon Jln. Dr Tarmizi Taher Kebun Cengkih Batu Merah Atas Kec. Sirimau Kota Ambon.
1) Pendaftaran Ulang di sekretariat Panitia PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011, dilakukan oleh Ketua Dewan Racana masing-masing .
Ketua Dewan Racana akan :
a) Menyerahkan
(1) Form Biodata peserta, Pembina Pendamping, Pimpinan Kontingen dan blangko pendaftaran kontingen ( yang dijilid maupun soft copy / CD )
(2) Foto copy rekening / resi pembayaran camp fee
(3) Bibit Pohon / Tanaman asal daerah masing-masing

b) Menerima
(1) Kelengkapan peserta
(2) Kelengkapan kontingen
(3) Administrasi kegiatan peserta

c) Menjalani pemeriksaan ulang seluruh administrasi dan kebutuhan peserta dan kontingen.

2) Kendaraan operasional peserta hanya boleh mengantar sampai pintu masuk Bumi Perkemahan Al-Mulk, selanjutnya kontingen akan berjalan kaki menuju tapak tenda didampingi oleh panitia sampai di tempat perkemahan.

D. Administrasi Pendaftaran
1. Panitia Pelaksana PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 tidak akan menerima pendaftaran kecuali melalui kontingen ( Ketua Racana, Binadamping atau Pinkon ) dengan menggunakan form-form yang telah ditentukan.
2. Semua rombongan yang berasal dari kontingen terdaftar dibagian sekretariat pendaftaran dan memiliki legalitas berada di Bumi Perkemahan atau di tenda peserta.
3. Penyelesaian administrasi pendaftaran yang berkaitan dengan keuangan dilaksanakan melalui Bank.
4. Hak-hak peserta berupa perlengkapan peserta dan lain-lain diserahkan melalui Ketua Racana.
BAB VIII
SARANA PRASARANA

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011, diupayakan menyediakan kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut :

A. Fasilitas Tempat dan Ruangan
1. Areal perkemahan yang menampung ± 2000 orang
2. Sekretariat Panitia Pelaksana dan Pusat Informasi kegiatan*
3. Panggung Utama
4. Sekretariat aparat pemerintahan
5. Lapangan Utama, Lapangan Kelurahan
6. Sekretariat Kegiatan
7. Lapangan Perkir
8. Dapur umum dan ruang makan
9. Stasiun radio komunikasi
10. Wartel, bank, dan kantor pos
11. Posko Kesehatan
12. MCK dan Kamar mandi
13. Pasar kedai dan anjungan pameran

B. Fasilitas Pelayanan
1. Kesehatan dan sanitasi lingkungan
2. Listrik dan Penerangan
3. MCK dan air Bersih
4. Transportasi
5. Perbengkelan dan peralatan kegiatan
6. konsumsi
7. Keamanan dan ketertiban

C. Pengertian dan Ketentuan
1. Pasar
a. Pasar akan disediakan Panitia Pelaksana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari peserta.
b. Pasar diisi oleh badan usaha, instansi, swasta dan masyarakat yang berminat.
c. Jenis barang yang boleh dijual di pasar :
1) Bahan kebutuhan pokok dan sayur mayur (sembako)
2) Dilarang menjual cenderamata PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011

2. Kedai
a. Kedai diisi oleh badan usaha, instansi, swasta dan masyarakat yang berminat
b. Jenis barang yang boleh dijual di kedai antara lain :
1) Cenderamatan PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011
2) Barang-barang lain di luar bahan makanan dan minuman serta Sembilan bahan pokok.


3. Kantin
a. Kantin diisi oleh badan usaha, instansi kwartir dan perorangan yang berminat untuk menjual produk makanan dan minuman
b. Jenis barang yang boleh diperjual belikan di kantin PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 hanya produk makanan dan minuman saja. Selain makanan dan minuman dilarang.

4. Pameran
a. Pameran merupakan arena promosi daerah (Kwartir Daerah), promosi kegiatan dan program kegiatan lembaga pemerintah, LSM dan Swasta lainnya.
b. Setiap hari akan ada kunjungan ke tiap anjungan pameran oleh peserta berdasarkan rotasi masing-masing peserta
c. Kegiatan mengunjungi anjungan pameran termasuk asperk penilaian aktivitas pergerakan peserta untuk mendapatkan TIGOR.

5. Konsumsi
a. Peserta
1) Bagi para peserta akan diberikan natura.
2) Peserta yang sedang mengikuti kegiatan di luar bumi perkemahan akan di sediakan makanan siap santap. Diharapkan peserta dapat membawa perbekalan tambahan yang dapat dibeli di pasar PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 atau yang dibawa peserta dari daerah aslanya

b. Binadamping, pimpinan kontingen dan panitia disediakan makanan di Dapur Umum berupa makanan siap santap dengan menu yang disusun oleh Panitia Pelaksana

6. Angkutan
a. Angkutan antar Jemput
1) Panitia PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 hanya menyediakan kendaraan antar jemput dari dan ke bandara/pelabuhan/terminal menuju Kampus IAIN Ambon. Disamping itu tiap-tiap Gugusdepan diharapkan dapat mempersiapkan sendiri angkutannya
2) Informasi tentang angkutan akan diberikan ke masing-masing daerah.

b. Angkutan kegiatan peserta
1) Transportasi kegiatan di luar Bumi Perkemahan menggunakan kendaraan yang disediakan oleh panitia
2) Transportasi kegiatan dalam Buper dengan jalan kaki

7. Komunikasi
a. Panitia Pelaksana PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 akan menyelenggarakan kerjasama dengan stasiun radio milik pemerintah dan swasta dalam menginformasikan kegiatan-kegiatan melalui gelombang radio FM selama PW X PTAI se Indonesia Tahun 2011 berlangsung
b. Panitia Pelaksana akan mengatur alokasi callsign bagi Panitia Pelaksana, Penyelenggara, Pendukung serta pihak lain yang menggunakan perangkat komunikasi Handy Talky (HT).
c. Setiap hari Pinkon, Binadamping, dan Ketua Dewan Racana diupayakan mendapatkan Koran yang berisi liputan kegiatan selama PW X PTAI se Indonesia.

8. Hal-hal lain yang belum tercantum di sini, akan diatur dalam Petunjuk Teknis.
BAB IX
PENGAWASAN, PENELITIAN DAN EVALUASI

A. Umum
Untuk kelancaran tugas dan kegiatan yang dilaksanakan, panitia pelaksana membentuk tim pengawasan, penelitian dan evaluasi yang disingkat dengan WASLITEV. Tim Waslitev melakukan pengawasan, penelitian dan evaluasi hal-hal sebagai berikut :
1. Kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan
2. Kekurangan, hambatan, dan tantangan dalam pelaksanaan kegiatan untuk kepentingan pengembangan dan perbaikan pada kegiatan-kegiatan mendatang
3. Disiplin dan aktifitas baik peserta, maupun penyelenggara

B. Lain-lain
Ketentuan lain-lain mengenai tim waslitev akan ditetapkan kemudian dalam petunjuk teknis waslitev.


BAB X
PENUTUP

Demikianlah Petunjuk Pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya X PTAI se Indonesia Tahun 2011, dibuat sebagai pedoman dan acuan dalam menentukan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Kiranya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan kegiatan ini. Bantuan dan dukungan dari seluruh pihak sangat diharapkan demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan nanti.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati dan meridhoi amal usaha serta langkah-langkah kita,


Ambon, …………………… 2011

Rektor IAIN Ambon selaku
Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan
Al MULK, IAIN Ambon



Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag
NIP :

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
debuyandi
Nama

Coreldraw,1,makalah,9,Membuat Blog,3,Membuat Website Mudah,5,Scouts,8,Software Download,3,Toturial Photoshop,53,Trik and Solusi Computer,14,
ltr
item
BaTampang: PETUNJUK TEKNIS PW PTAI Se-indonesia X 2011 DI AMBON
PETUNJUK TEKNIS PW PTAI Se-indonesia X 2011 DI AMBON
BaTampang
http://fajri89.blogspot.com/2011/04/petunjuk-teknis-pw-ptai-se-indonesia-x.html
http://fajri89.blogspot.com/
http://fajri89.blogspot.com/
http://fajri89.blogspot.com/2011/04/petunjuk-teknis-pw-ptai-se-indonesia-x.html
true
1593515755033349791
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy